Skip to main content

Search This Blog

Cara Swap Memory Eksternal Menjadi Internal Di Android

How To Swap External Memory Being Internal On Android – Kali ini kami akan membagikan sebuah tutorial untuk anda yang punya android yang bermasalah tidak bisa memindahkan aplikasi atau game ke memory external. Disini kami akan memberi tahu gimana caranya menukar memory external menjadi internal dan sebaliknya nah caranya dengan aplikasi swap.

Aplikasi Swap ini adalah Aplikasi yang menukar memory Internal menjadi memory External dan sebaliknya. Cara ini sangat bermanfaat bagi para pengguna android pasalnya cara ini bisa membuat android anda lebih lega dalam memory internalnya dan juga bisa menghindari lemot atau hank pada android anda. Untuk tutorial yang kami bagikan ini terdiri dari dua cara, ok langsung saja anda simak tutorialnya dibawah ini.

Cara Swap Memory Eksternal Menjadi Internal Di Android


Cara Pertama

Syarat yang harus diperhatikan :

  • Ponsel Android agan harus sudah di root di Root
  • Usahain memory cardnya minimal 4GB Dan class 10

Catatan : Usahakan download melalui aplikasi browser Chrome atau Mozilla Firefox 

Langkah-langkah Swap Memory Android

  1. Sebelum anda mulai ke tutorialnya download dulu Script Manager, Root Explorer, dan BusyBox dari Playstore, Jika sudah didownload lalu install semua aplikasinya.
  2. Dan juga Scriptnya ( Anda bisa Download disini)
  3. Setelah itu Buka Root Explorer lalu Copy atau Cut Script yang tadi anda download ke /data.
  4. Selanjutnya Buka aplikasi Script Manager pilih Browse as root
  5. Cari Script yang tadi anda pindahkan ke /data
  6. Tap Scriptnya, nanti akan muncul Pop-up
  7. Tekan tombol SU (gambar tengkorak) dan tombol boot (Gambar setting)
  8. Lalu Klik save
  9. Reboot Sekarang anda Sudah swap Memorynya, cara melihat lihat pengaturan>penyimpanan

Cara Kedua

Cara yang kedua ini menggunakan aplikasi bantuan yaitu Link2SD, aplikasi ini disegin untuk menukar memory internal menjadi external begitupun sebaliknya.

Tapi kekurangan swap dengan menggunakan aplikasi Link2SD ini adalah belum bisa memindahkan aplikasi ke memory external. Ok untuk aplikasinya anda bisa download di playsrore.

Langkah-langkah Swap Memory Android

  1. Setelah didownload lalu anda install dan buka aplikasinya kemudian anda masuk ke pengaturan terus berikan centang  pada menu Send scan dan Use per default.
  2. Jangan lupa mengatur lokasi memory internal dan memory externalnya. Untuk men-swap memory internal jadi external anda tinggal samakan lokasinya seperti gambaaar di atas.
  3. Setelah pengaturan selesai silahkan anda kembali ke menu “Main” disitu anda tinggal klik External>Internal lalu tunggu hingga prosesnya selesai dan keluaar notifikasi “Swap Done”.

Nah untuk melihat apakah memory sudah berhasil di swap atau tidak, silahkan anda cek di aplikasi file manager, jika data-data anda yang di memory internal sudah berpindah ke momory external, maka anda telah berhasil men-swap memory ponsel anda. Semoga dengan artikel ini bisa bermanfaat buat anda dan Selamat Mencoba.

Baca Juga Tips Trik Android Lainnya di gadgetr.tech